Tuesday, April 28, 2015

Aplikasi CreateReportSecure - Membuat Laporan Kelulusan Siswa Secara Online dan Gratis


Tidak terasa Ujian Nasional (UN) sudah berakhir dan pengumuman kelulusan siswa akan segera dimulai, di tahun 2015 ini Ujian Nasional tidak merupakan momok lagi bagi siswa karena UN sudah tidak menjadi penentu kelulusan seorang siswa, karena nasib lulus dan tidaknya seorang siswa sudah berada kembali di tangan sekolah yang artinya bahwa sekolahlah yang berhak meluluskan siswa berdasarkan nilai Ujian Sekolah/Madrasah yang telah ditetapkan pihak sekolah dan Nilai sikap yang dirapatkan oleh dewan pendidik/guru. Sedangkan fungsi Ujian Nasional sebagai bahan pemetaan kualitas sekolah tersebut di tingkat nasional. Walaupun demikian masih banyak sekolah/siswa yang tampak begitu mensakralkan UN dibanding tes/ujian lainnya, misalkan mengadakan do’a bersama menghadirkan kyai dan orangtua untuk menghadapi UN, banyak pula siswa yang silaturahmi ke guru-gurunya atau datang ke rumah gurunya saat dia sekolah di tingkat sebelumnya untuk minta do’a restu agar UN berhasil. Pengkhususan terhadap UN tersebut berbeda dibanding saat siswa tersebut menghadapi Ujian Sekolah, Ujian Praktek, Ulangan Akhir Semester yang nyata-nyata sebagai faktor penentu kelulusan siswa, mungkin karena perhelatan Nasioanl atau juga mungkin masih tahun pertama UN tidak sebagai penentu kelulusan sehingga program kerja pihak sekolah masih disamakan dengan tahun sebelumnya saat UN masih sebagai penentu kelulusan. Dan itu tentu saja tidak ada jeleknya karena do’a ataupun silaturami ke guru itu adalah perbuatan/kegiatan yang mulia.

Udah ah.. malah kayak membuat tulisan yang akan dilombakan.. hehe.. langsung saja.. karena pengumuman kelulusan siswa akan segera dimulai dan banyak sekolah yang membuat pengumuman kelulusan secara online walaupun mungkin masih ada sekolah yang surat keterangan kelulusan bagi siswa masih diantar lewat pos/kurir tapi alhamdulillah tahun ini bapak kepala madrasah/sekolah memiliki ide kalau pengumuman kelulusannya dilakukan secara online, dan menanyakan ke saya apa saya sanggup untuk membuat pengumuman secara online dan hasilnya hanya siswa tersebut saja yang tahu, maka saya jawab “Saya sanggup pak.. “ walaupun dalam hati kecil saya masih belum yakin karena tempat kami (sekolah) sudah tidak langganan hosting dikarenakan kurang maksimalnya penggunaan hosting tersebut sehingga eman-eman membayar pertahun tapi tidak/kurang manfaat.

Dari tugas tersebut muncullah ide untuk membuat pengumuman secara online menggunakan fasilitas gratis dari google. Saat itu saya memanfaatkan fasilitas google drive untuk penyimpanan data, google sheet untuk pengolahan siswa dan tampilan hasil kelulusan dan google form untuk login siswa, google site untuk alamat yang dituju siswa saat mengakses/melihat laporan kelulusannya. Semuanya berjalan normal saat saya tes sendiri.. seperti tampilan di bawah ini.


 Gambar saat siswa login, menggunakan google form.


 
Tampilan yang menjelaskan bahwa siswa diminta untuk klik url tempat laporan kelulusannya.


Tampilan jika siswa salah saat login.

Tampilan jika siswa benar saat login, maka akan muncul laporan kelulusannya.


Terasa semua yang diminta bapak kepala sekolah sudah terpenuhi, tapi kesialan terjadi saat sosialisasi dihadapan siswa kelas XII yang akan lulus, saat saya beri contoh login.. ehhh.. muncul kesalahan login terus, saya coba lagi..ehh.. malah yang muncul bukan nama siswa yang saya maksud.. sejenak berpikir..  hmm…  yang sedikit kutakutkan sebelumnya  ternyata terjadi.. yaitu jika spredsheet tersebut diakses oleh banyak user/siswa maka yang muncul adalah siswa yang terakhir mengakses spredsheet tersebut.. hadeeeeeh.. akhirnya aku beritahukan dihadapan siswa kelas XII agar saat itu (saat saya presentasi itu) untuk tidak mengakses halaman web tersebut terlebih dahulu.. alhamdulillah akhirnya berhasil memunculkan siswa yang saya maksud.

Untuk penggunaan ide tersebut akhirnya tidak jadi saya lakukan, dan setelah berpikir maka muncul ide bahwa laporan dapat diakses secara online dengan cara mengunduh file yang telah dipassword dan passwordnya yang tahu hanya siswa tersebut saja. Tapi muncul kendala bagaimana melakukan seting password yang tiap file memiliki password yang saling berbeda.. kalau satu-satu iyaa jelas capek dan membosankan karena jumlah siswa 260 artinya saya harus mempassword 260 file dengan password yang berbeda-beda.

Dan akhirnya muncullah ide untuk membuat aplikasi yang menghasilkan laporan keterangan kelulusan siswa dalam bentuk pdf yang terkompresi dan berpassword dan jika file tersebut telah jadi maka saya share melalui google drive sehingga siswa kelas XII dapat mendownload file tersebut untuk mengetahui kelulusannya, dan alhamdulillah aplikasi tersebut sudah jadi, dan saya beri nama aplikasi tersebut dengan “CreateReportSecure”. Berkat aplikasi ini maka alhamdulillah tugas dari bapak kepala madrasah telah selesai, anda dapat melihat hasilnya di alamat ini, coba Anda download salah satu file pdf yang telah dikompres dan password tersebut, siapa tahu ada sensasi lain yang muncul dan membuat Anda tertarik juga untuk mengembangkannya,
.
Gambar halaman situs gratis dari google, tempat Siswa akan mendownload hasil laporan kelulusannya.


Logika penggunaan dari aplikasi tersebut adalah :
  1. Menyimpan printarea dari sebuah file excel ke sebuah file pdf.
  2. Melakukan kompresi dan memberi password setiap file pdf yang telah dibuat dengan password yang berbeda, yang diharapkan hanya diketahui oleh Siswa karena password yang saya gunkan adalah Nomor Ujian digabung dengan Nomor Induk Siswa (NIS).

Silahkan download aplikasi CreateReportSecure di Link ini.

Mungkin tulisan kali ini hanya sampai disini terlebih dahulu, semoga bermafaat dan terimakasih atas kunjungan teman semua.


9 comments:

  1. Tutorialnya sangat lengkap sekali pada blog ini,,,sangat rekomen untuk Belajar Visual Basic 6.0

    ReplyDelete
  2. Silahkan download aplikasi di https://drive.google.com/file/d/0B17lWDxDzoE8eV84cHp0bVVKUUk/view?usp=sharing

    untuk contoh site : https://sites.google.com/site/laporankelulusan/

    ReplyDelete
  3. mas tutorialnya muai dari buat form link ke drive pokoknya lengkap bagaimana kirim ke email saya dong enkaleksono@gmail.com terima kasih semoga bermanfaat dan berkah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih telah berkenan menulis komentar, disarikan sndiri yaa mas dar tutorial diatas. :)

      Delete
  4. cara menggunakannya gimana pak di google docs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih telah berkenan menulis komentar, seperti cerita di tutorial atas, saya akhirnya engga pakai google doc tapi memakai google drive dan google site pak :)

      Delete
  5. Untuk tutorial pembuatan laporan kelulusan yang akhirnya saya pakai ada pada link https://vbasiccode.blogspot.co.id/2016/05/tutorial-instalasi-dan-penggunaan.html , terimakasih.

    ReplyDelete
  6. Sangat berguna. Indahnya saling berbagi ilmu dan keahlian.
    Silahkan berkunjung ke blog perkuliahan saya:

    http://rismonhasiholansianipar.blogspot.co.id

    http://rismonhsianipar.blogspot.co.id

    http://rhsianipar.blogspot.co.id

    ReplyDelete